Ciri-Ciri Gejala Awal Orang Terkena Penyakit Lupus

Ciri-Ciri gejala awal orang terkena penyakit lupus sangatlah penting untuk di waspadai,agar penyakit lupus ini dapat dicegah penyebaranya kepada seluruh organ anggota tubuh yang lain.Sebelum kita membahas ciri-ciri gejala awal dari penyakit lupus,ada baiknya jika mengenal terlebih dahulu apa penyakit lupus itu.Bagi para pembaca yang belum memahami mengenai penyakit lupus,penyakit lupus termasuk dalam salah satu dari sekian banyak penyakit yang mematikan.penyakit lupus sama bahayanya dengan penyakit kanker.

lupus

Penyakit lupus merupakan jenis penyakit autoimun yaitu penyakit yang disebabkan oleh tubuh yang termasuk oleh zat asing seperti bakteri atau virus.penyakit lupus dapat menyebabkan terjadinya peradangan-peradangan dan juga kerusakan-kerusakan pada organ-organ tubuh baik luar maupun dalam,organ-organ tersebut seperti halnya kulit,pembuluh darah , ginjal,sendi-sendi,paru-paru,dan yang paling vital adalah otak.

Ciri-ciri gejala yang paling awal yang terkena penyakit lupus antara orang yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda.Hal ini didasarkan pada organ mana yang diserang terlebih dahulu oleh penyakit ini dan juga bergantung pada kesehatan dari pasien sendiri. Gejala awal yang terjadi pada penyakit lupus berkembang dengan perlahan dan juga gejala ini bisa bersifat hanya semetara karena dapat hilang secara keseluruhan. Hal ini yang menyebabkan penyakit lupus sangat sulit untuk dideteksi pada tahap-tahap awal. Berikut ini beberapa ciri-ciri gejala awal orang terkena penyakit lupus.

  1. Ciri-ciri pertama yang muncul adalah seringnya merasa lelah yang terlalu berlebihan, lemas tanpa sebab yang jelas, dan juga sering merasa pegal-pegal pada bagian tubuh tertentu. Pegal-pegal juga dapat memicu terjadinya sakit pada persendian-persendian yang ada di tubuh.
  2. Apabila penyakit lupus ini menyerang organ pernapasan terlebih dahulu, maka penderita akan merasakan rasa neyri yang teramat sakit pada dada dan sulit untuk bernapas. Sedangkan jika menyerang organ pencernaan, penderita akan sering mengalami diare dan juga sariawan yang sukar untuk sembuh dalam jangka waktu lama yang juga disertai oleh demam tinggi.
  3. Penderita lupus pada gejala awalnya juga akan mengalami yang namanya anemia. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh yang telah dirusak atau yang lebih parah dihancurkan oleh penyakit lupus ini. Penderita bahkan bisa mengidap anemia yang sangat parah.
  4. Selain gejala-gejala awal di atas, pederita penyakit lupus juga akan muncul lebam merah atu kebiruan pada bagian wajah yaitu daerah sekitar kedua pipi yang berbentuk mirip dengan kupu-kupu. Selain itu kulit penderita juga akan memerah atau bahkan gosong jika terkena sinar matahari secara langsung.
  5. Sedangkan jika yang terkena penyakit lupus adalah perempuan, maka gejala awal penyakit lupus akan muncul ketika sang perempuan dalam masa kehamilan. Namun untuk sebagian perempuan yang lainnya gejala awal penyakit lupus ini terjadi begitu sang perempuan dinyatakan hamil.

Demikinlah beberapa ciri-ciri gejala awal orang terkena penyakit lupus.Namun dalam beberapa  kasus penyakit lupus,penderita tidak dapat ingat atau bahkan mengidentifikasi gejala awal apa saja yang menyebabkan penderita bisa terkena penyakit lupus. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak faktor yang tidak memiliki keterkaitan satu sama lain dapat menjadi pemicu gejala awal terjadinya penyakit lupus ini, dan menyebabkan sulitnya diagnose pada pemeriksaan awal. Semoga dengan adanya artikel ini sangat membantu bagi anda .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *